PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Proses
pengambilan keputusan dapat dipandang sebagai tiga tahap yang berbeda, namun
berhubungan satu sma lain, tahap masukan (input), tahap proses dan tahap
keluaran (output). Semua tahap ini tergambar dalam model sederhana pengambilan
keputusan konsumen.
- Tahap masukan mempengaruhi pengenalan konsumen terhadap kebutuhan atas
produk dan terdiri dari dua sumbeer informasi utama : usaha pemasaran
perusahaan dan pengaruh sosiologis eksternal atas konsumen. Dampak kumulatif
dari setiap usaha pemasaran perusahaan, pengatuh keluarga, teman-teman,
tetangga dan tata perilaku masyarakat yang ada, semuanya merupakan masukan yang
mungkin mempengaruhi apa yang dibeli konsumen dan bagaimana mereka mennggunakan
apa yang mereka beli.
- Tahap proses model ini memfokuskan pada cara konsumen mengambil
keputusan. Berbagai faktor psikologis yang melekat pada setiap individu
mempengaruhi cara masukan dari luar pada tahap masukan mempengaruhi pengenalan
konsumen terhadap kebutuhan, pencarian informasi sebelum pembelian dan evaluasi
terhadap berbagai alternatif. Pengalaman yang diperoleh melalui evaluasi
berbagai alternatif, pada gilirannya akan mempengaruhi sifat psikologis
konsumen yang ada.
- Tahap keluaran dlam model pengambilan keputusan konsumen terdiri dari dua
macam kegiatan setelah pengambilan keputusan yang berhubungan erat, perilaku
membeli dan evaluasi setelah membeli. Perilaku
membeli produk yang murah dan tidak tahan lama dapat dipengaruhi oleh kupon
produsen dan sebetulnya bisa berupa pembelian percobaan, jika konsumen puas dia
mungkin mengulang pembelian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar