Segmentasi Pasar dan Analisis Demografi
Segmntasi pasar adalah proses membagi pasar menjadi irisan-irisan konsumen yang khas yang mempunyai kebutuhan atau sifat yang sama dan kemudian memilih satu atau lebih segmen yang akan dijadikan sasaran bauran pemasaran yang berbeda. Strategi segmentasi memungkinkan produsen menghindari persaingan langsung di pasar dengan membedakan penawaran mereka, tidak hanya berdasarkan harga tetapi juga berdasarkan corak, kemasan, daya tarik promosi, cara distribusi dan pelayanan yang unggul. Para pemasar mengetahui bahwa biaya riset segmentasi konsumen, berkurangnya volume per produksi dan kampanye promosi yang dibedakan biasanya diimbangi oleh peningkatan penjualan yang lebih besar. Pada umumnya, para konsumen siap menerima kenaikan harga yang dialami untuk berbagai produk yang hampir memuaskan kebutuhan khusus mereka.
Karakteristik demografi, seperti usia, jenis kelamin, status perkawinan, penghasilan, pekerjaan, dan pendidikan paling sering digunakan sebagai dasar untuk segmentasi pasar. Berbagai variabel demografis terus-menerus mengungkapkan kecenderungan yang memberikan isyarat berbagai peluang bisnis, seperti pergeseran usia,gender dan distribusi penghasilan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar