Senin, 28 Oktober 2013

Corporate Social Responsibilies (CSR)

Definisi CSR (Corporate Social Responsibility) adalah suatu tindakan atau konsep yang dilakukan oleh perusahaan (sesuai kemampuan perusahaan tersebut) sebagai bentuk tanggungjawab mereka terhadap sosial/lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada. Secara harfiah CSR diartikan sebagai tanggung jawab sosial perusahaan. Sedangkan menurut World Bank, CSR adalah komitmen dari bisnis untuk berkontribusi bagi pembangunan ekonomi yang berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas kehidupan sehingga berdampak baik bagi bisnis sekaligus baik bagi kehidupan sosial. Para pengamat bisnis juga ada yang mengartikan CSR sebagai bentuk komitmen usaha untuk bertindak secara etis, beroperasi secara legal dan berkontribusi untuk peningkatan ekonomi bersamaan dengan peningkatan kualitas hidup dari karyawan dan keluarganya, masyarakat lokal dan masyarakat secara lebih luas.

Manfaat bagi masyarakat :
1. meningkatkan kesejahteraan masyarakat
2. dapat mengembangkan diri dan usahanya sehingga sasaran yang untuk mencapai kesejahteraan tercapai.

Keuntungan bagi perusahaan :
1. meningkatkan citra perusahaan sehingga konsumen bisa lebih mengenal perusahaan sebagai perusahaan yang melakukan kegiatan baik bagi masyarakat
2. memperkuat merk perusahaan
3.membedakan perusahaan dengan pesaing yang lain
4. menghasilkan inovasi dan pembelajaran untuk meningkatkan pengaruh perusahaan

Perusahaan yang menerapkan CSR yaitu PT. Indosat

Sebagai bentuk komitmen Indosat dalam meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat, Indosat telah melaksanakan berbagai progam yang kami harapkan dapat meningkatkan kehidupan masyarakat Indonesia untuk menjadi lebih baik.
Corporate Social Responsibility yang kami lakukan tidak terbatas hanya pada pengembangan dan peningkatan kualitas masyarakat pada umumnya, namun juga menyangkut tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance). Kepedulian terhadap pelanggan, pengembangan Sumber Daya Manusia, mengembangkan Green Environment serta memberikan dukungan dalam pengembangan komunitas dan lingkungan sosial. Setiap fungsi yang ada, saling melengkapi demi tercapainya CSR yang mampu memenuhi tujuan Indosat dalam menerapkan ISO 26000 di perusahaan.

Kesimpulan :
menurut analisis saya, CSR merupakan suatu cara untuk meningkatkan image perusahaan di mata dunia dengan memberikan dampak positif bagi masyarakat. Perusahaan juga menjadi kompensasi atas penguasaan sumber daya alam maupun sumber daya ekonomi oleh perusahaan. Oleh kerena itu, CSR sangat penting untuk diterapkan oleh semua perusahaan untuk kelanjutan kehidupan perusahaan itu sendiri.

sumber :
http://idazahro.blogspot.com/2012/11/pengertian-csr-manfaat-bagi-masyarakat.html
http://lailansn.blogspot.com/2012/11/tugas-ke-6-corporate-social_30.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar